Mampus Kau Dikoyak-koyak Improvisasi

  • Save

PENGEN ketemu Mingus
eh ketemu Hutagalung,
sama-sama Charles, sih,
tapi bu bu bu bukan
Bukowsky.

Potret diri dalam tiga warna
didengerin pagi-pagi
kayak rekuim bagi
hidup yang sunyi,
karena cinta pramuria,
segala yang meniada.

Ini lagunya
anak-anak Medan
gondrong-gondrong
melankolik
menekuk ibukota,
pede, dong, abis sukses,
main di KL dan Saigon!

Andai Chairil anak band
___doi jelas anak Medan,
doi pasti bakal mainin jazz,
gitu kata Ikhsan Risfandi,
tapi jangankan buat ngeband,
MULO aja doi kagak
sempat selesein!

Doi tahu, kapal tak
bakal bersandar ke Belawan,
cuma jalan muter
dari buritan ke kemudi,
sebelum ambruk di CBZ,
dan tenggelam di Karet,
lebih asyik ngeledekin takdir,
(juga Takdir), ngerjain Idrus,
ngerecokin Jassin, dan
Baharudin.

(Tentu juga: mencubit mulut Mirat
dengan mulut yang sama
liar dan muda!)

Enakan berimprovisasi
mengolah kesunyian
masing-masing,
menggelandang
dari gelanggang ke
gelanggang,
mencermati suara
gema-gema suasana!

Potret diri dalam tiga warna:
Ini kenapa warnanya
kok burem semua?

Pindah track, ah, ganti album,
kepencet “A Foggy Day”,
lumayan, bikin dikit manggut-
manggut, tapi ujung-ujungnya,
mentok di riuh pelabuhan juga,
bongkar-muat orang
dan barang seludupan.

Kita semua imigran gelap,
bukan diseludupkan dari surga,
tapi pelarian dari neraka.
Kagak ada sedap-sedapnya!

Ngeri gak, tuh?

(2022)

Baca juga
Apabila Lagu Itu Ingin Kau Nyanyikan
Apabila Lagu Itu Ingin Kau  Nyanyikan

: Ikhsan Risfandi Zetry Iminy DI jalan itu tadikita melintas bergegasdikejar angin yang lekasyang enggan dan dingindan kita bayangkan ada Baca

Aku Batal Memesan Kopi
Aku Batal Memesan Kopi

Di kafe di sebuah mal di Senayan datanglah seorang anggota parlemen Ia menyeringai seperti lambang partai menampakkan gigi dengan sekawanan Baca

Cara Memilih Seorang Gubernur
Cara Memilih Seorang Gubernur

"BEGINI, kita akan melakukannya dalam dua putaran," kata Jakarta kepada komisioner komite pemilihan daerah khusus ibu kota petaka Para kandidat Baca

Sajak 11 Kata #3
Sajak 11 Kata #3

tadi pagiseekor ulatkutemukan memakan pucuktanaman kunyitdi polibeg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap