Cara Menghindar Perbantahan yang Sia-sia dengan Kamu

Cara Menghindar Perbantahan yang Sia-sia dengan Kamu

1. AKU akan ajukan satu pertanyaan mudah yang kususun ulang dari pertanyaan-pertanyaanmu yang sulit itu, maka jawabanmu atas pertanyaanku akan menjadi jawaban untuk pertanyaanmu sendiri.

2. Kalau kamu bertanya untuk mencari
kebenaran, aku akan setia menemanimu dengan pertanyaan dan jawabanku, kalau kau mencari kemenangan aku akan mengalah agar kebenaran tak menjauh dari kita berdua.

3. Menjawab itu menjelaskan, itu artinya memberi batasan, maka bila pertanyaanmu kamu niatkan sebagai jalan untuk mencari kebebasan, tak akan ada jawaban yang akan membuat kamu nyaman, dan sia-sia saja aku memberi jawaban.

4. Bertanya itu mencari jalan, ikhtiar untuk menemukan tempat baru bagi hal-ihwal yang tak lagi nyaman berdiam, maka apabila pertanyaanmu hanya untuk menarik jawabanku masuk ke dalam sempitnya ruang pemahamanmu, tanya-jawab kita tak banyak gunanya.

5. Kalau kamu sendiri tak paham apa yang kamu tanyakan, maka kamu tak akan pernah mengerti jawabanku, maka sebaiknya kamu perbaiki dulu pertanyaanmu itu, barangkali dengan begitu kamu bisa menjawabnya sendiri, bahkan kamu akan tak bahwa kamu tak perlu mempertanyakannya.

(2021)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s