Apa yang Kutulis Ketika Aku Menulis Kenapa Aku Menulis dalam Bahasa Indonesia

1. Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang menghubungkan dan kemudian bahkan menyatukan sebuah komunitas besar bernama bangsa Indonesia karena ia mudah, lentur, dan terbuka.

2. Tidak ada yang memaksa kita menulis puisi dalam bahasa Indonesia. Kita bebas menulis dalam bahasa apa saja yang kita mau dan kita kuasai. Bahkan tak ada yang memaksa kita menulis.

3. Ketika kita menulis dalam bahasa Indonesia itu artinya kita percaya padanya, percaya bahwa bahasa ini mampu menjadi wahana menyalurkan gagasan kita, dan kita sadar ada orang lain yang juga percaya pada bahasa Indonesia yang akan membaca tulisan kita, menerima gagasan kita.

4. Dengan mempercayai bahasa Indonesia maka kita lalu mengembangkan sikap menghargainya, mempelajari potensinya, menelusuri seluk-beluknya, mengakrabi kosakatanya sebanyak-banyaknya, mengenal sejarah perkembangannya.

5. Bahasa Indonesia tak sempurna? Ya, seperti juga bahasa manapun, tak ada yang sempurna, tapi sebagai bahasa yang baik, maka sepanjang sejarahnya bahasa Indonesia berkembang, terus memperbaiki diri.

6. Sebagai penulis, ketika menulis, selain menggunakannya, menjadikannya alat, kita juga berkesempatan ikut mengembangkan bahasa Indonesia, menawarkan perbaikan, menggali potensinya.

Jakarta, 6 September 2020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s