Apa yang Kutulis Ketika Aku Menulis Kenapa Aku Menulis dalam Bahasa Indonesia

1. Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang menghubungkan dan kemudian bahkan menyatukan sebuah komunitas besar bernama bangsa Indonesia karena ia mudah, lentur, dan terbuka.

2. Tidak ada yang memaksa kita menulis puisi dalam bahasa Indonesia. Kita bebas menulis dalam bahasa apa saja yang kita mau dan kita kuasai. Bahkan tak ada yang memaksa kita menulis.

3. Ketika kita menulis dalam bahasa Indonesia itu artinya kita percaya padanya, percaya bahwa bahasa ini mampu menjadi wahana menyalurkan gagasan kita, dan kita sadar ada orang lain yang juga percaya pada bahasa Indonesia yang akan membaca tulisan kita, menerima gagasan kita.

4. Dengan mempercayai bahasa Indonesia maka kita lalu mengembangkan sikap menghargainya, mempelajari potensinya, menelusuri seluk-beluknya, mengakrabi kosakatanya sebanyak-banyaknya, mengenal sejarah perkembangannya.

5. Bahasa Indonesia tak sempurna? Ya, seperti juga bahasa manapun, tak ada yang sempurna, tapi sebagai bahasa yang baik, maka sepanjang sejarahnya bahasa Indonesia berkembang, terus memperbaiki diri.

6. Sebagai penulis, ketika menulis, selain menggunakannya, menjadikannya alat, kita juga berkesempatan ikut mengembangkan bahasa Indonesia, menawarkan perbaikan, menggali potensinya.

Jakarta, 6 September 2020

Baca juga
Halo, Michael!
  • Save

"HALO, Michael!" Ia terbaring sendiri,sepenuhnya dimilikioleh kesepian itu,ranjang pasien putih,baju pasien putih,di paviliun yangdiberi nama keluarganya,yang sejak lama ingin iaputihkan, Baca

Mampus Kau Dikoyak-koyak Improvisasi
  • Save

PENGEN ketemu Minguseh ketemu Hutagalung,sama-sama Charles, sih,tapi bu bu bu bukanBukowsky. Potret diri dalam tiga warnadidengerin pagi-pagikayak rekuim bagihidup yang Baca

Paling Enak Jadi Bunglon
  • Save

ABIS bikin perkaradi keimin bunka,penyair kita perginonton Soundrenaline(aha, kejauhan banget,yak, tapi biarin!)kagak sadar doike mana-mana, sejak itu,diikuti mata-mata kenpei. Eh, Baca

Halo, Kay!
  • Save

FOTO-FOTO duludi dinding itu,membuat dia bertanyapada masa lalunya,yang tak ada lagidi dalam dirinya,"apakah aku pernahberbahagiabersamanya?" Dia ketakutan sejakmemasuki ruang kerja Baca

One thought on “Apa yang Kutulis Ketika Aku Menulis Kenapa Aku Menulis dalam Bahasa Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap