Yang Diperlukan Seorang Penulis Kreatif

YANG diperlukan oleh seorang penulis kreatif adalah 1. berpikir logis, 2. berpikir kritis, 3. dan 3. berpikir kreatif.

1. Berpikir logis adalah proses berpikir yang melibatkan peranjakan paling sederhana dan masuk akan dari satu pernyataan ke pernyataan lainnya. Penulis kreatif yang berpikir logis mengumpulkan, menyelidiki, menelaah, bahan-bahan tulisannya, lalu merumuskan kesimpulan-kesimpulan, dengan penalaran yang sesuai kaidah logika, lurus, tepat, dan sehat.

2. Berpikir kritis adalah kemampuan untuk bersikap obyektif, rasional, dan analitis terhadap suatu subyek, situasi, atau masalah. Penulis kreatif yang berpikir kritis, bersikap skeptis, menunda keputusan, menangguhkan kesimpulan, mempertanyakan bahan yang tersedia, mencari lagi data-data lain, mencoba membayangkan kemungkinan lain.

3. Berpikir kreatif adalah cara berpikir dengan melihat suatu masalah atau situasi dari sudut pandang yang berbeda untuk menemukan solusi baru dan lebih baik. Lalu dengan kesimpulan yang sudah ia yakini, dia masih juga percaya bahwa ada banyak kemungkinan yang bisa dikembangkan dari apa-apa yang sudah ia simpulkan. Ia terus mengajukan pertanyaan baru.

Satu pemikiran pada “Yang Diperlukan Seorang Penulis Kreatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s