Kata Sekelompok alias Kolokasi

klinikpuisiPERHATIKAN kata-kata berikut: melirik, melihat, menatap, menonton, mengerdip, mengerling, mengerjap, memicing, melotot, membelalak, memandang, mendelik, membeliak, memejam.

Apa yang menyatukan dari semua kata kerja di atas? Semuanya berkolokasi, semuanya adalah kata kerja yang dilakukan oleh manusia dengan matanya.

Beberapa kata di atas selain berbeda, juga punya kedekatan makna dengan beberapa kata lain. Tak sepenuhnya sama, ada nuansa makna yang kaya. Kekayaan itulah yang harus dipetakan, dirasakan, dan diberdayakan oleh penyair dalam puisi-puisinya.

Memetakan kata, lewat kolokasinya, adalah satu cara yang manjur untuk mengatasi kebuntuan diksi. Kata sesungguhnya ada di mana-mana dan tersedia berbagai pilihan sesuai kebutuhan pengucapan dalam puisi kita.

Anjing, kucing, kelinci, kura-kura, ikan koi, burung adalah kata-kata benda yang berkolokasi dalam hewan peliharaan manusia.  Marah, jengkel, gusar, geram, benci, amsyong, sebal, berkolokasi dengan perasaan manusia ketika menemukan situasi yang tak sesuai dengan yang dia inginkan.

Di luar urusan kolokasi, menyenaraikan kata-kata seperti di atas bisa dilakukan juga untuk anggota tubuh kita yang lain, tangan, kepala, kaki, pinggul, mulut, dll. Hasilnya sama saja: kita punya kesadaran akan kehadiran kata dan dengan begitu kata-kata menjadi akrab dengan kita.

Contoh:

karang kerang tripang udang penyelam kita dari dalam yang sama
dari pedih yang sama. apa yang tersayat dalam diriku ada dalam
kalian.

(Sutardji Calzoum Bachri, Berdarah)

Pada sajak ini, Sutardji memanfaatkan sejumlah kata yang berkolokasi hewan (dan manusia) yang hidup di dalam lautan untuk menguatkan imaji solidaritas sosial yang ingin ia sampaikan dalam sajaknya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s