Ambiguitas: Makna Ganda (1)

klinikpuisiAPAKAH ambiguitas? Mudahnya itu artinya “bermakna ganda”. Dan memang itu arti dalam kata asalnya ambiquitas (Latin).

Apakah ambiguitas dalam puisi itu? William Empson (1906-1984) mengkaji puisi-puisi Shakespeare dan merumuskan: ambiguitas adalah sebuah pengertian yang meluas yang merujuk pada nuansa verbal apapun, setipis apapun itu, tetapi memberi ruang untuk tanggapan alternatif pada sebuah satuan bahasa yang sama.

Rumit?  Lupakan Epson. Tapi pegang saja bagian akhir rumusannya itu: memberi ruang untuk tanggapan alternatif pada sebuah satuan bahasa. Satuan bahasa, dalam puisi itu bisa berarti seluruh teks puisi, larik, atau bait tertentu.

Ambiguitas adalah potensi sebuah teks puisi di hadapan pembaca baik secara keseluruhannya atau pada bagian-bagiannya, untuk menyediakan sebanyak-banyaknya makna.

Buat apa membangun teks yang mengandung ambiguitas dalam puisi kita? Apakah untuk menipu dan menyesatkan pembaca? Apakah ini bertentangan dengan syarat lain keunggulan puisi yaitu keutuhan (unity)? Tentu saja tidak.

Ambiguitas memerlukan keutuhan lebih dahulu, sebelum melampauinya. Jika tidak maka teks hanya akan menawarkan kekacauan yang cenderung menjadi gelap.

Seharusnya ambiguitas menjadi upaya kita menghormati, menarik, dan melayani pembaca sebanyak-banyaknya. Dengan jurus itu, puisi kita bisa menjadi sumur kecil yang berlimpah airnya. Pembaca bebas menimba imajinasi dan menjadikannya sumber air makna yang segar dan tak habis-habisnya.

Ambiguitas lebih tampak sebagai bagian dari struktur batin puisi, tapi tentu saja, ia hanya bisa hadir lewat kecakapan kita mengolah struktur fisik puisi kita. (bersambung)

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s