Apa yang Sudah Kau Lakukan untuk Memajukan Sastra?

PERTANYAAN di atas diajukan oleh seorang penyair di grup berisi para sastrawan. Lengkapnya: apa yang sudah kau lakukan untuk memajukan sastra dan menyejahteraan sastrawan?

Saya menjawab: untuk memajukan sastra tak ada yang harus dilakukan oleh sastrawan kecuali menghasilkan karya sastra yang lebih baik, yang melampaui mutu karya sastratawan terdahulu. Hanya dengan itulah sastra bisa maju dan sehat hidupnya.

Jawaban untuk pertanyaan kedua? Saya jawab, coba menonton film “Genius” yang bercerita soal hubungan editor Max Perkins dan penulis Thomas Wolfe. Ditolak puluhan penerbit, lalu karya Wolfe ditemukan oleh Perkins. Meledak. Lalu hubungan Wolfe dengan perempuan yang meninggalkan suami dan anak demi hidup dengan dia berantakan. Ada di film itu adegan ketika penulis F. Scott Fitzgerald meminjam uang pada Perkins, meskipun bukunya The Great Gatsby telah meledak dan laku keras.  Juga ada petikan adegan Perkins dan Ernest Hemingway yang menikmati hobi mewahnya memancing. Kedua penulis itu diorbitkan oleh Perkins.  Jadi, apa artinya sejahtera?

Chairil meninggal dalam kemiskinan. Ia menumpang di rumah kawan yang juga menumpang. Tak ada peninggalan harta benda. Pakaian terakhirnya pun harus dimusnahkan di RSCM. Sutan Takdir Alisjahbana meninggalkan sejumlah vila mewah di kawasan puncak dan Bali. Dan penyair besar kita Sutardji Calzoum Bachri baru saja sembuh dari sakit setelah berobat di satu rumah sakit kecil dengan dana jaminan BPJS. Lantas, apa arti sejahtera?

Iklan

Satu pemikiran pada “Apa yang Sudah Kau Lakukan untuk Memajukan Sastra?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s